Rabu, 08 Februari 2017

Media Pembelajaran Faktorisasi Aljabar

JENDELA AKBAR

Hi~
Kali ini aku bawain contoh media pembelajaran buat mempermudah pemahaman Faktorisasi Aljabar. Materi faktorisasi aljabar ini emang agak sukar dipelajari, apalagi yang bentuknya ax². 
Nah, untuk mempermudah materi tersebut, dibuatlah media pembelajaran. Tugas ini dikerjain kelompok, dan kita namakan media ini "Jendela Akbar", karena nanti bentuk media pembelajarannya itu seperti jendela dan AKBAR sendiri singkatan dari fAKtorisasi aljaBAR.


Untuk membuatnya, kalian bisa lihat cara dibawah ini:
A. alat dan bahan 
Alat:
1.      Gergaji
2.      Gunting
3.      Palu
4.      Perforator
5.      Spidol
6.      Amplas
7.      Bor
8.      Lem Tembak

Bahan:
1.      Papan kayu / waferboard
2.      Papan triplek
3.      Flanel
4.      Benang
5.      Lilin lem tembak
6.      Karton
7.      Cat
8.      HVS

9.      Perekat

B. Estimasi Dana
Untuk estimasi dananya sendiri, bisa kalian sesuaikan ya. Biaya dibawah ini itu yang kita keluarkan (untuk tugas ini).
1.      Papan Media                                                 200.000
2.      Flanel                                                              72.500
3.      Lilin lem tembak                                             11.000
4.      Karton                                                               8.000
5.      Perekat                                                              7.500
6.      Benang                                                              4.000
7.      Spidol                                                               3.500
8.      HVS                                                                  8.000       +
    Rp 313.500

C. Pembuatan Media
1) Pembuatan papan
a.       Pertama dibuat papan media menggunakan papan kayu ukuran 50x50 cm. Pada papan, terdapat whiteboard berukuran 40x8 cm untuk menulis soal.
b.      Disamping kanan dan kiri papan, dibuat tambahan papan kayu (untuk penutup, dibuat seperti jendela) ukuran 25x50 cm.
c.       Papan yang berukuran 50x50 cm dilapisi dengan kain flanel warna hitam.
d.      Kain flanel kemudian ditempel perekat.

e.       Pada jendela dibuat tempat untuk meletakan puzzle-puzzle dan soal pemfaktoran aljabar.

2) Pembuatan puzzle
a.       Puzzle akan dibuat dalam 3 macam bentuk dalam 2 warna, yaitu ukuran 8x8 cm untuk x2, 8x4 cm untuk x, dan 4x4 cm untuk konstanta. Puzzle dibuat untuk positif (berwarna biru) dan negatif (berwarna merah)
b.      Puzzle dibuat dari flanel lapis 3.
c.       Dibelakang puzzle ditempel perekat.

Ini dia nih, desain awal yang kita buat

dan setelah dibuat, jadinya seperti ini
ini dalamnya


 ini yang sudah dipasang puzzle

dan ini depannya

well, agak beda sih sama desainnya. tapi yang penting kegunaannya 😆

D. Cara Penggunaan
1.      Siswa mengambil soal pemfaktoran aljabar yang telah disediakan.
2.      Kemudian siswa menuliskan soal pemfaktoran aljabar tersebut di whiteboard.
3.      Siswa menyusun soal pemfaktoran tersebut menggunakan puzzle membentuk persegi.
4.      Puzzle ukuran 8x8 cm untuk x2, ukuran 8x4 cm untuk x, dan ukuran 4x4 cm untuk konstanta.
5.      Puzzle x2 disusun mulai dari paling atas sebelah kiri.
6.      Puzzle x disusun vertikal disamping puzzle x2 dan horizontal jika dibawah puzzle x2. ²
7.      Puzzle konstanta disusun setelah puzzle x tersusun.
8.      Setelah puzzle disusun, akan membentuk persegi atau persegi panjang dengan panjang dan lebarnya adalah faktor dari soal yang ditanyakan.
9.      Untuk mencocokan, siswa dapat mengalikan faktor tersebut apakah hasilnya sama dengan soal yang ditanyakan.

10.  Jika puzzle yang disusun tidak membentuk persegi, siswa dapat melengkapinya dengan menggunakan puzzle x negatif dan positif dengan syarat  tidak mengubah soal tersebut.

untuk pembuatannya, sebisa mungkin jangan plek jiplek sama yang kita buat ya. Hargai karya orang lain. Jangan jadi Plagiat. :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar