JENDELA AKBAR
Hi~
Kali ini aku bawain contoh media pembelajaran buat mempermudah pemahaman Faktorisasi Aljabar. Materi faktorisasi aljabar ini emang agak sukar dipelajari, apalagi yang bentuknya ax².
Nah, untuk mempermudah materi tersebut, dibuatlah media pembelajaran. Tugas ini dikerjain kelompok, dan kita namakan media ini "Jendela Akbar", karena nanti bentuk media pembelajarannya itu seperti jendela dan AKBAR sendiri singkatan dari fAKtorisasi aljaBAR.
Untuk membuatnya, kalian bisa lihat cara dibawah ini:
A. alat dan bahan
B. Estimasi Dana
C. Pembuatan Media
D. Cara Penggunaan
Hi~
Kali ini aku bawain contoh media pembelajaran buat mempermudah pemahaman Faktorisasi Aljabar. Materi faktorisasi aljabar ini emang agak sukar dipelajari, apalagi yang bentuknya ax².
Nah, untuk mempermudah materi tersebut, dibuatlah media pembelajaran. Tugas ini dikerjain kelompok, dan kita namakan media ini "Jendela Akbar", karena nanti bentuk media pembelajarannya itu seperti jendela dan AKBAR sendiri singkatan dari fAKtorisasi aljaBAR.
Untuk membuatnya, kalian bisa lihat cara dibawah ini:
A. alat dan bahan
Alat:
1. Gergaji
2. Gunting
3. Palu
4. Perforator
5. Spidol
6. Amplas
7. Bor
8. Lem Tembak
Bahan:
1. Papan kayu / waferboard
2. Papan triplek
3. Flanel
4. Benang
5. Lilin lem tembak
6. Karton
7. Cat
8. HVS
9. Perekat
Untuk estimasi dananya sendiri, bisa kalian sesuaikan ya. Biaya dibawah ini itu yang kita keluarkan (untuk tugas ini).
1. Papan Media 200.000
2. Flanel 72.500
3. Lilin lem tembak 11.000
4. Karton 8.000
5. Perekat 7.500
6. Benang 4.000
7. Spidol 3.500
8. HVS 8.000 +
Rp 313.500
1) Pembuatan papan
a.
Pertama dibuat
papan media menggunakan papan kayu ukuran 50x50 cm. Pada papan, terdapat
whiteboard berukuran 40x8 cm untuk menulis soal.
b.
Disamping kanan
dan kiri papan, dibuat tambahan papan kayu (untuk penutup, dibuat seperti
jendela) ukuran 25x50 cm.
c.
Papan yang
berukuran 50x50 cm dilapisi dengan kain flanel warna hitam.
d.
Kain flanel
kemudian ditempel perekat.
e.
Pada jendela
dibuat tempat untuk meletakan puzzle-puzzle dan soal pemfaktoran aljabar.
2) Pembuatan puzzle
a.
Puzzle akan
dibuat dalam 3 macam bentuk dalam 2 warna, yaitu ukuran 8x8 cm untuk x2,
8x4 cm untuk x, dan 4x4 cm untuk konstanta. Puzzle dibuat untuk positif (berwarna
biru) dan negatif (berwarna merah)
b.
Puzzle dibuat
dari flanel lapis 3.
c.
Dibelakang
puzzle ditempel perekat.
Ini dia nih, desain awal yang kita buat
dan setelah dibuat, jadinya seperti ini
ini dalamnya
ini yang sudah dipasang puzzle
dan ini depannya
well, agak beda sih sama desainnya. tapi yang penting kegunaannya 😆
1.
Siswa mengambil
soal pemfaktoran aljabar yang telah disediakan.
2.
Kemudian siswa
menuliskan soal pemfaktoran aljabar tersebut di whiteboard.
3.
Siswa menyusun
soal pemfaktoran tersebut menggunakan puzzle membentuk persegi.
4.
Puzzle ukuran
8x8 cm untuk x2, ukuran 8x4 cm untuk x, dan ukuran 4x4
cm untuk konstanta.
5.
Puzzle x2
disusun mulai dari paling atas sebelah kiri.
6.
Puzzle x
disusun vertikal disamping puzzle x2 dan horizontal jika
dibawah puzzle x2. ²
7.
Puzzle
konstanta disusun setelah puzzle x tersusun.
8.
Setelah puzzle
disusun, akan membentuk persegi atau persegi panjang dengan panjang dan
lebarnya adalah faktor dari soal yang ditanyakan.
9.
Untuk
mencocokan, siswa dapat mengalikan faktor tersebut apakah hasilnya sama dengan
soal yang ditanyakan.
10.
Jika puzzle
yang disusun tidak membentuk persegi, siswa dapat melengkapinya dengan
menggunakan puzzle x negatif dan positif dengan syarat tidak mengubah soal tersebut.
untuk pembuatannya, sebisa mungkin jangan plek jiplek sama yang kita buat ya. Hargai karya orang lain. Jangan jadi Plagiat. :))
Tidak ada komentar:
Posting Komentar